SISTEM PENDINGIN

Membilas Radiator / Pengisian Pendingin
Gambar. 1 & 2: Sistem pendingin diisi di pabrik dengan cairan anti-beku untuk melindungi mesin dan radiator hingga -37 °C (-34 °F). Tingkat pendinginan harus dipertahankan sampai 10 mm di bawah tutup radiator.
Gambar. 1 & 2: Sistem pendingin diisi di pabrik dengan cairan anti-beku untuk melindungi mesin dan radiator hingga -37 °C (-34 °F). Tingkat pendinginan harus dipertahankan sampai 10 mm di bawah tutup radiator.
Pendingin
harus diganti jika menjadi terkontaminasi karat atau lumpur.Longgarkan tutup
radiator,1, untuk membantu pengeringan, dan tarik keluar selang radiator,2,
untuk mengalirkan pendingin ke dalam radiator.
Setelah
menguras pendingin, masukkan pin ke selang pembuangan.Gunakan air bersih
sebagai pendingin untuk pembilasan, dan mengisi pendingin radiator sampai tingkatanyang
terlihat ke leher port pengisi.Isi secara bertahap untuk mencegah masuknya
udara.
Setelah
pembilasan dan pendingin dituangkan, nyalakan mesin sekitar 5 menit pada
kecepatan standby rendah, maka udara yang terkandung dalam sirkuit pendingin merembes.
Tingkat pendingin akan turun. Matikan mesin untuk diisi dengan pendingin.
Gambar. 1
Gambar. 2
CATATAN: Sebelum
menambahkan pendingin baru, bilas bagian dalam radiator dan blok mesin dengan
air bersih.
Gambar. 3:
radiator ini dilengkapi dengan tangki cadangan, 4, untuk menjaga pendingin
radiator pada tingkat yang tepat. Periksa tingkat tangki cadangan ini dalam
pemeriksaan harian.
Pastikan
bahwa pendingin dalam tangki cadangan adalah antara FULL dan LOW.Jika tingkat
pendingin dekat dengan LOW, tambahkan pendingin ke tangki cadangan sampai ke
tingkat FULL.
Ketika
tingkat pendingin di bawah tingkat LOW, buka tutup radiator setelah membiarkan
mesin cukup dingin.Tambahkan pendingin dan pastikan bahwa ada jumlah pendingin
yang cukup pada radiator.
Gambar. 3
PENTING: Jangan
mengisi tangki cadangan lebih tinggi daripada tingkat FULL. Ini akan mencegah
limpahan pendingin dari tangki cadangan.
Penggunaan Anti-Beku
Pembekuan
pendingin dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Campurkan 50/50 anti-beku
(Long Life Coolant) ketika suhu luar akan turun di bawah 0 °C (32 ° F) selama
musim dingin.
Rasio
campuran anti-freeze berbeda tergantung pada produsen anti-beku dan suhu.Ikuti
instruksi untuk anti-beku.
Membersihkan Radiator

Gambar. 87: Membersihkan Jaring Radiator
Ketika
traktor dioperasikan di lapangan, jarring radiator dapat tersumbat oleh rumput,
jerami, serangga dan hal-hal lainnya.Parkir traktor pada permukaan landai, dan
buka kap mesin.Tarik keluar jaring radiator, 1, dan bersihkan.
Membersihkan Inti Radiator
Basuh
kotoran atau benda asing lainnya pada sirip dan inti radiator, 2, dengan air.
PENTING: Bila radiator tersumbat, mesin akan terlalu
panas dan mengakibatkan peningkatan konsumsi oli.
Hati-hati
untuk tidak menerapkan air bertekanan tinggi langsung ke radiator karena hal
ini dapat menyebabkan deformasi sirip
Jangan
langsung menyemprotkan air pada kabel listrik atau bagian listrik di sekitar
mesin.
Tali Kipas
Gambar. 5: Membetulkan
ketegangan tali kipas membantu untuk memastikan aliran pendingin yang memadai
melalui blok silinder dan radiator. Sabuk benar benar mengencanagketika lenturan
sabuk adalah sekitar 5 mm seperti yang ditunjukkan pada "x" ketika
tekanan ibu jari diberikan pada pusat rentang sabuk.
Gambar. 5
PERHATIAN: Karena posisi knalpot, biarkan hingga dingin
sebelum memeriksa atau menyesuaikan ketegangan tali kipas.
Gambar. 6: Untuk mengatur
ketegangan sabuk, kendurkan baut dan muralternator pivot dan baut ttegangan
braket, 1. Tarik keluar di atas alternator untuk membetulkan ketegangan sabuk
dan kencangkan baut, 1, terlebih dulu dan kemudian kencangkan baut poros.
Gambar. 6
PENTING: Hati-hati
untuk tidak merusak pulley dan sabuk sambil menyesuaikan ketegangan.
Komentar
Posting Komentar