Langsung ke konten utama

Rincian Standart Sistem Pendinginan Traktor ISEKI NT 540 F


SISTEM PENDINGIN
             PERHATIAN: Jangan membuka tutup radiator kecuali ketika memeriksa atau mengganti pendingin. Pastikan untuk membiarkan mesin cukup dingin sebelum membuka tutup.Jika tutup dibuka saat mesin panas,              pendingin dapat habis, menyebabkan luka bakar atau cedera lainnya.


Membilas Radiator / Pengisian Pendingin
Gambar. 1 & 2: Sistem pendingin diisi di pabrik dengan cairan anti-beku untuk melindungi mesin dan radiator hingga -37 °C (-34 °F). Tingkat pendinginan harus dipertahankan sampai 10 mm di bawah tutup radiator.

Pendingin harus diganti jika menjadi terkontaminasi karat atau lumpur.Longgarkan tutup radiator,1, untuk membantu pengeringan, dan tarik keluar selang radiator,2, untuk mengalirkan pendingin ke dalam radiator.

Setelah menguras pendingin, masukkan pin ke selang pembuangan.Gunakan air bersih sebagai pendingin untuk pembilasan, dan mengisi pendingin radiator sampai tingkatanyang terlihat ke leher port pengisi.Isi secara bertahap untuk mencegah masuknya udara.

Setelah pembilasan dan pendingin dituangkan, nyalakan mesin sekitar 5 menit pada kecepatan standby rendah, maka udara yang terkandung dalam sirkuit pendingin merembes. Tingkat pendingin akan turun. Matikan mesin untuk diisi dengan pendingin.

Gambar. 1


Gambar. 2

CATATAN:    Sebelum menambahkan pendingin baru, bilas bagian dalam radiator dan blok mesin dengan air bersih.
Gambar. 3: radiator ini dilengkapi dengan tangki cadangan, 4, untuk menjaga pendingin radiator pada tingkat yang tepat. Periksa tingkat tangki cadangan ini dalam pemeriksaan harian.

Pastikan bahwa pendingin dalam tangki cadangan adalah antara FULL dan LOW.Jika tingkat pendingin dekat dengan LOW, tambahkan pendingin ke tangki cadangan sampai ke tingkat FULL.
Ketika tingkat pendingin di bawah tingkat LOW, buka tutup radiator setelah membiarkan mesin cukup dingin.Tambahkan pendingin dan pastikan bahwa ada jumlah pendingin yang cukup pada radiator.
Gambar. 3

PENTING:     Jangan mengisi tangki cadangan lebih tinggi daripada tingkat FULL. Ini akan mencegah limpahan pendingin dari tangki cadangan.

Penggunaan Anti-Beku
Pembekuan pendingin dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Campurkan 50/50 anti-beku (Long Life Coolant) ketika suhu luar akan turun di bawah 0 °C (32 ° F) selama musim dingin.
Rasio campuran anti-freeze berbeda tergantung pada produsen anti-beku dan suhu.Ikuti instruksi untuk anti-beku.


Membersihkan Radiator

PERINGATAN: Pastikan untuk mematikan mesin saat membersihkan radiator. Menempatkan tangan Anda di daerah ini sementara mesin sedang menyala dapat menyebabkan cedera serius.

Gambar. 87: Membersihkan Jaring Radiator
Ketika traktor dioperasikan di lapangan, jarring radiator dapat tersumbat oleh rumput, jerami, serangga dan hal-hal lainnya.Parkir traktor pada permukaan landai, dan buka kap mesin.Tarik keluar jaring radiator, 1, dan bersihkan.

Membersihkan Inti Radiator
Basuh kotoran atau benda asing lainnya pada sirip dan inti radiator, 2, dengan air.
Gambar. 4

PENTING: Bila radiator tersumbat, mesin akan terlalu panas dan mengakibatkan peningkatan konsumsi oli.
Hati-hati untuk tidak menerapkan air bertekanan tinggi langsung ke radiator karena hal ini dapat menyebabkan deformasi sirip  
Jangan langsung menyemprotkan air pada kabel listrik atau bagian listrik di sekitar mesin.


Tali Kipas
Gambar. 5: Membetulkan ketegangan tali kipas membantu untuk memastikan aliran pendingin yang memadai melalui blok silinder dan radiator. Sabuk benar benar mengencanagketika lenturan sabuk adalah sekitar 5 mm seperti yang ditunjukkan pada "x" ketika tekanan ibu jari diberikan pada pusat rentang sabuk.

Gambar. 5
PERHATIAN: Karena posisi knalpot, biarkan hingga dingin sebelum memeriksa atau menyesuaikan ketegangan tali kipas.

Gambar. 6: Untuk mengatur ketegangan sabuk, kendurkan baut dan muralternator pivot dan baut ttegangan braket, 1. Tarik keluar di atas alternator untuk membetulkan ketegangan sabuk dan kencangkan baut, 1, terlebih dulu dan kemudian kencangkan baut poros.
Gambar. 6

PENTING:  Hati-hati untuk tidak merusak pulley dan sabuk sambil menyesuaikan ketegangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toko Penjualan Sparepart Traktor ISEKI NT 540 & NT 548 Di Jawa Timur

Bagi anda pengguna mesin pertanian merek ISEKI, sudah tak perlu khawatir lagi karena showroom PT RUTAN di surabaya sudah menyediakan semua sparepart dan suku cadang mesin merek ISEKI. Dengan harga yang terjangkau, anda dapat membeli sparepart dengan mudah dan tak perlu menguras kantong anda. PT RUTAN merupakan perusahaan yang telah dipercaya oleh pemerintah untuk bekerjasama dalam proyek mesin – mesin pertanian untuk seluruh kelompok tani di indonesi a. Hanya PT RUTAN saja yang menjual produk unit traktor ISEKI NT 540 & NT 548. Kedua tipe traktor ini dapat digunakan untuk pengolahan berbagai macam bentuk tanah. Mulai tanah yang lembek hingga tanah yang paling keras. Traktor NT 540 dan NT 548 dapat digunakan untuk lahan basah, lahan kering dan lahan extrem. Dengan kebutuhan kerja yang sangat tinggi, maka harus didukung pula dengan perawatan mesin dan penggantian suku cadang agar proses kerja mesin traktor ISEKI NT 540 dan NT 548 dapat berjalan dengan lancar dan men...